Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 22 November 2012

5 CARA TEPAT RAWAT RAMBUT

5 CARA TEPAT RAWAT RAMBUT agar INDAH, SEHAT dan KUAT

Setiap wanita pasti mendambakan rambut sehat dan indah. Tak heran, jika beragam perawatan dasar rambut menjadi ‘ritual wajib’ yang tak boleh ditinggalkan, meski hanya dilakukan dirumah. Kebutuhan wanita akan hal ini juga didukung dengan berbagai pilihan produk perawatan rambut berikut servis yang ditawarkan di salon-salon.
Tentu akan menjadi sia-sia, jika Anda sudah memilih produk shampoo atau kondisioner yang tepat, tetapi keliru mengaplikasikannya. Begitu pula dengan jenis perawatan dasar rambut lainnya.
Oleh karena itu, Anda harus memahami kebutuhan rambut Anda agar bisa mengerti kegunaan masing-masing perawatan rambut yang digunakan.

1. TAK SEKEDAR BERKERAMAS

Berkeramas pada hakikatnya membersihkan kotoran dan sisa-sisa bahan lain yang menempel pada rambut dengan teknik pencucian menggunakan sampo. Gunakanlah air dingin saat berkeramas untuk mempertahankan kondisi kutikula yang tertutup, sehingga perpendaran cahaya jauh lebih sempurna karena hanya membentuk satu sudut saja.
Penggunaan air hangat memang terasa nyaman. Namun membuat kutikula menjadi terbuka, cahaya pun berpendar dari banyak sudut, sehingga rambut pun menjadi kusam.
CARA BERKERAMAS
Tuangkan sampo secukupnya pada telapak tangan. Usapkan pada rambut yang basah, lalu pijat dengan lembut hingga berbusa. Fokuskan pencucian pada batang rambut, juga kulit kepala, terutama untuk rambut yang rontok. Bilaslah hingga bersih dan ulangi sekali lagi hingga Anda dapat memastikan seluruh kotoran dan residu lain terangkat dan bersih sempurna.
FREKUENSI BERKERAMAS
Untuk Anda yang rambut normal atau cenderung kering, berkeramaslah setiap dua hari. Sementara si rambut berminyak, dapat berkeramas setiap hari dengan memilih sampo berbahan ringan.

2. APLIKASI KONDISIONER

Mengapa sampo saja tidak cukup? Karena rambut Anda perlu nutrisi pelembab berupa kondisioner yang bertugas menutup kutikula agar tekstur rambut senantiasa lembut, halus, dan licin, sehingga mudah diatur. Bahan-bahan yang terkandung dalam kondisioner akan melapisi setiap helai rambut untuk melindungi rambut dari kerusakan dan menutrisi rambut agar rambut tetap sehat,segar, dan bersinar.
Kondisioner tidak diaplikasikan di kulit kepala karena akan menyumbat keluarnya minyak alami dan memicu munculnya ketombe.
CARA PAKAI KONDISIONER
Setelah berkeramas, tuangkan kondisioner secukupnya pada telapak tangan. Usapkan merata pada batang rambut, dari bagian tengah hingga ujung, hindari pemakaian di kulit kepala. Diamkan selama 1-3 menit. Bilas rambut hingga bersih dengan air dingin, namun biarkan tetap licin.
FREKUENSI PAKAI KONDISIONER
Anda dapat mengaplikasikan kondisioner dengan aturan frekuensi yang sama dengan pemakaian sampo.

3. TETES SERUM YANG ‘AJAIB’

Belakangan, produk serum ramai diluncurkan di pasaran. Efektivitas serum dengan berbagai peran dimungkinkan dari ukuran partikelnya yang sangat kecil (nano atau mikropartikel) hingga mampu menembus lapisan terdalam rambut.
Pada umumnya, serum digunakan untuk menutrisi ekstra dan mengembalikan protein yang hilang untuk menjaga kekuatan rambut. Serum pun dapat digunakan untuk melindungi rambut sebelum dan sesudah penataan. Rambut Anda pun tetap sehat, menjadi mudah diatur dan berkilau.
CARA PAKAI SERUM
Gunakan 1-2 tetes atau lebih (tergantung pada panjang anda). Usapkan pada rambut basah atau kering secara merata, hindari penggunaan pada akar rambut, kecuali serum yang khusus untuk rambut rontok yang diaplikasikan di kulit kepala. Tidak perlu dibilas dengan air. Tatalah rambut seperti yang Anda inginkan.
FREKUENSI PAKAI SERUM
Tak seperti sampo dan kondisioner, Anda dapat menggunakan serum setiap saat atau sesuai kebutuhan.

4. PERAWATAN MASKER RAMBUT

Sedemikian populernya perawatan hair mask, membuat banyak produk masker rambut dikemas untuk digunakan sendiri di rumah. Manfaat perawatan rambut yang satu ini adalah menutrisi rambut dan kulit kepala secara intensif, serta mengurangi stres pada rambut. Selain itu, bahan-bahan masker yang digunakan dapat mengobati kerusakan rambut yang terjadi pada lapisan korteks.
Bagi Anda yang gemar melakukan proses kimia pada rambut, jenis perawatan rambut ini sangatlah dianjurkan. Tidak seperti creambath, perawatan masker ini tidak diikuti dengan pemijatan.
CARA PAKAI MASKER RAMBUT
Lakukan setelah berkeramas dengan sampo. Keringkan dengan handuk hingga 80 persen ( kondisi lembab ). Usapkan secara merata pada batang rambut dari bagian tengah hingga keujungnya. Hindari pemakaian di kulit kepala. Tutup dengan handuk hangat, lalu diamkan selama 5-10 menit agar formula meresap sempurna. Bilas rambut dengan air dingin hingga bersih.
FREKUENSI PAKAI MASKER RAMBUT
Untuk hasil terbaik, lakukan seminggu sekali untuk rambut normal, sementara si rambut kering dan rusak dapat melakukannya dua kali dalam seminggu.

5. KESEGARAN TONIK

Rahasia keindahan rambut sebenarnya terletak pada perawatan kulit kepala. Kulit kepala yang bersih akan membuat rambut tumbuh sehat, kuat, dan tidak mudah rontok, berapapun panjangnya rambut Anda.
Nah, perawatan dasar rambut yang dilakukan sehari-hari biasanya ditutup dengan aplikasi tonik. Tonik adalah sediaan kosmetik cair yang digunakan untuk melebatkan pertumbuhan rambut pada masalah kebotakan dan kerontokan rambut. Tonik dapat merawat rambut dan menjaga kekuatan akar rambut dengan menutrisi bagian akarnya.
CARA PAKAI TONIK
Usai berkeramas dan perawatan masker, teteskan tonik langsung di kukit kepala secara merata dengan memisahkan beberapa bagian rambut. Pijat perlahan hingga cairan tonik meresap.
FREKUENSI PAKAI TONIK
Khusus untuk tonik, dapat digunakan setiap hari.

Silahkan tinggalkan komentar dan pertanyaan Anda
Posted by: NENG GETZRA
Description: 5 CARA TEPAT RAWAT RAMBUT Rating: 4.5 Reviewer: NENG GETZRA - ItemReviewed: 5 CARA TEPAT RAWAT RAMBUT RAMBUTku MAHKOTAku, Updated at: 19.56